Sebagai salah satu penghasil tembakau terbesar di dunia, Indonesia memiliki banyak pabrik rokok. Rokok yang umum diproduksi di Indonesia adalah rokok kretek dan rokok putih. Rokok kretek yang merupakan produk asli Indonesia ternyata mampu menembus pasar global. Rokok made in Indonesia di luar negeri tersebut telah menjadi penyumbang devisa yang sangat diperhitungkan. Berbagai kelebihan yang tidak ada pada rokok putih dimiliki oleh rokok kretek ini.
rokok dji sam soe
Baca Juga : Rokok ST

Kelebihan Rokok Kretek sebagai Rokok Made in Indonesia di Luar Negeri

Rokok kretek merupakan rokok asli buatan Indonesia. Rokok ini menggunakan daun tembakau, cengkeh dan saus. Pembuatan rokok kretek adalah dengan cara dilinting menggunakan tangan dibantu oleh peralatan sederhana. Mesin otomatis tidak digunakan dalam pembuatannya. Kretek telah menjadi rokok made in Indonesia di luar negeri yang banyak disukai. Lalu, apa sebenarnya kelebihan rokok kretek yang membuatnya menjadi rokok buatan Indonesia yang mendunia? Berikut adalah penjelasannya.

Aroma serta rasa

Rokok kretek asli Indonesia memiliki rasa yang sangat khas. Rasa ini diperoleh dari tambahan cengkeh yang hanya digunakan pada rokok kretek Indonesia dan tidak ditambahkan pada rokok putih. Cita rasa rokok kretek dapat dibagi menjadi high flavor dan low flavor atau natural. Untuk tipe high flavor sendiri terbagi menjadi dua, yaitu sweet spicy dan nutty fruity. Aroma dan rasa yang nikmat dari rokok kretek inilah yang menyebabkan rokok made in Indonesia di luar negeri sangat disukai.
  • Tembakau dan cengkeh asli

Rokok yang banyak diproduksi di luar negeri menggunakan tembakau sintetis. Sedangkan rokok made in Indonesia di luar negeri, masih menggunakan tembakau asli. Tembakau tersebut merupakan pencampuran dari berbagai jenis tembakau yang telah dirajang. Pencampuran ini dilakukan berdasarkan perbandingan-perbandingan tertentu agar didapatkan cita rasa rokok kretek yang diinginkan. Cengkeh yang digunakan juga merupakan campuran dari berbagai jenis cengkeh asli Indonesia.
  • Manfaat pada kesehatan

Percaya atau tidak, rokok kretek ternyata memiliki efek menyehatkan. Pada akhir 1980an, dilakukan sebuah penelitian yang menyimpulkan bahwa rokok kretek bermanfaat untuk menghilangkan toksik atau racun di dalam tubuh. Rokok yang tidak menggunakan bahan sintetis ini, juga mengandung sejenis protein yang dapat menjadi anti-kanker. Selain itu, tembakau juga merupakan obat diabetes dan dapat menstimulus terbentuknya antibodi sehingga dapat mengobati berbagai penyakit.
Rokok made in Indonesia di luar negeri memang sangat disukai. Fakta bahwa rokok kretek baik untuk kesehatan juga telah mendongkrak penjualan rokok Indonesia di luar negeri. Tetapi beberapa negara mencoba menghalangi masuknya rokok ini. Perlindungan terhadap produk dalam negeri tentu menjadi penyebab. Rokok kretek memang merupakan produk Indonesia yang lebih unggul dari rokok produksi luar negeri.
http://www.rumahst.com

Related Posts