Rokok cerutu merupakan barang mewah bagi kebanyakan orang. Harga rokok cerutu satu setnya bisa mencapai jutaan hingga puluhan juta rupiah. Tapi bagi sebagian orang, kesan mewah serta klasik yang bisa diperoleh, membuat cerutu selalu diminati. Cerutu yang merupakan gulungan dari daun tembakau kering yang dibiarkan utuh dan mengalami fermentasi ini, memiliki rasa yang berbeda dengan rokok biasa. Beberapa negara terkenal dengan cerutunya yang berkualitas tinggi dan rasanya yang nikmat. 

rokok cerutu
Rokok ST

Negara-Negara Penghasil Rokok Cerutu

Cerutu tentu berbeda dengan rokok. Jika rokok dibungkus kertas, maka cerutu dibungkus daun tembakau. Perbedaan lainnya adalah tembakau pada rokok dicacah, sedangkan untuk rokok cerutu, daun tembakaunya dibiarkan utuh. Wrapper yang berkilau, daun dan tulang daun tembakau yang halus, serta rasanya yang enak menjadi indikator kualitas cerutu. Cerutu berkualitas tinggi dihasilkan oleh beberapa negara yang menjadikannya sebagai salah satu komoditas penghasil devisa. Berikut ini negara-negara penghasil cerutu tersebut.
  • Negara Kuba
Kuba merupakan negara pertama yang menghasilkan cerutu. Sejak 1800-an, masyarakat Kuba telah membuat dan memasarkan rokok dari gulungan daun tembakau. Hingga saat inipun, negara ini masih menjadi penghasil rokok cerutu bermutu dan terkenal di seluruh dunia. Dari segi rasa, cerutu Kuba disebut memiliki rasa terbaik di dunia. Hal ini perkirakan karena matahari, tanah dan ketrampilan para petaninya dalam menanam tembakau yang digunakan sebagai bahan pembuatan cerutu.
  • Republik Dominika
Republik Dominika berada di sebelah timur Kuba. Karena itulah iklim serta kondisi tanah kedua negara ini relatif sama. Tembakau yang dihasilkan pun memiliki kualitas yang sama. Cerutu dari Dominika, seperti halnya Kuba, sangat terkenal di dunia. Cerutu ini mengalami fermentasi yang alami dan tanpa zat aditif. Rasanya yang nikmat, halus dan ringan membuat cerutu dari negara ini sangat popular.
  • Republik Indonesia


Di Indonesia sendiri tembakau merupakan komoditas yang cukup penting. Indonesia merupakan negara penghasil tembakau keenam terbesar di dunia. Tembakau dari Jember, Jawa Timur telah mendapat pengakuan dunia sebagai tembakau berkualitas dengan rasa yang enak. Tembakau ini telah diekspor ke beberapa negara pembuat rokok cerutu. Beberapa produsen cerutu juga terdapat di Indonesia. Rokok cerutu Indonesia ternyata memiliki kualitas yang telah mendunia. Cerutu dari Jember merupakan cerutu dengan kualitas nomer dua setelah Kuba.
Menikmati rokok cerutu tidak sama dengan menikmati rokok biasa. Ketika cerutu telah menyala di tangan Anda, hisap lalu buanglah asapnya. Jangan menghisap hingga ke paru-paru seperti rokok biasa. Asap cerutu hanya cukup berada di mulut saja. Menikmati cerutu tentu sangat nikmat bagi para pencinta rokok. Apalagi jika cerutu tersebut merupakan cerutu dengan kualitas terbaik di dunia.

Related Posts