Berikut adalah contoh paragraf persuasi tentang rokok dengan judul : 

Kandungan Kimia Pada Rokok. 

Pastinya Anda sudah tidak asing lagi bukan dengan rokok? Rokok adalah salah satu produk yang saat ini banyak dikonsumsi tidak hanya oleh orang dewasa tetapi juga remaja. Bahkan saat ini banyak wanita yang juga menjadi perokok aktif. Hal ini tentu saja cukup disayangkan mengingat rokok mengandung sejumlah zat kimia yang bersifat perusak sehingga perlu untuk dihindari. Bagi Anda yang belum mengetahui apa saja kandungan yang terdapat di dalam rokok, berikut ulasan yang dapat Anda simak.

rokok
Baca Juga : Rokok ST

Kandungan pertama yang terdapat pada rokok adalah Tar. Mungkin banyak diantara Anda yang masih belum familiar dengan zat kimia tersebut. Namun perlu Anda ketahui bahwa Tar mengandung kurang lebih 4.000 zat kimia yang 60 diantaranya memiliki sifat perusak atau lebih dikenal dengan istilah karsinogenik. Kandungan rokok tersebut pastinya sangat berbahaya terutama jika konsumsi dalam jangka waktu panjang. Seperti yang diketahui, konsumsi zat kimia tidak boleh dilakukan secara berlebihan jika tidak ingin terkena suatu hal yang membahayakan.

Kandungan selanjutnya yang juga terkandung di dalam rokok adalah Nikotin. Seperti yang diketahui, Nikotin merupakan zat kimia yang memiliki sifat adiktif. Sifat tersebut menyebabkan orang yang pernah menggunakannya akan merasa kecanduan sehingga sulit untuk melepaskan diri dari kebiasaan tersebut. Hal lain yang menyebabkan kecanduan rokok adalah efek rileks yang terdapat pada nikotin. Bahaya lain yang dimiliki oleh nikotin adalah kandungannya yang dengan mudah masuk dalam aliran darah sehingga merusak organ tubuh langsung dari dalam.

Metanol menjadi kandungan selanjutnya pada rokok yang juga memiliki sifat perusak. Metanol atau yang biasa dikenal dengan alkohol kayu ini jika dikonsumsi dalam waktu yang lama akan menyebabkan penggunanya mengalami beberapa gangguan kesehatan. Selain itu, Anda juga perlu mewaspadai keberadaan karbon monoksida yang terdapat di dalam rokok. Jika selama ini Anda hanya mengetahui karbon monoksida merupakan zat berbahaya yang dihasilkan oleh buangan asap kendaraan bermotor, maka saat ini zat tersebut juga dengan mudah ditemui terdapat di dalam rokok.
Selain sejumlah zat kimia berbahaya tersebut, Arsenik juga merupakan salah satu kandungan berbahaya dalam rokok. Arsenik diketahui sebagai salah satu zat kimia yang cukup mematikan dan banyak ditemui pada sejumlah racun tikus. Namun bagi Anda perokok aktif, Anda perlu waspada karena Arsenik pada rokok adalah zat adiktif pada rokok yang memberikan ancaman kematian yang cukup tinggi. Pastinya Anda tidak ingin menyia-nyiakan hidup hanya karena sejumlah zat kimia yang bersifat perusak tersebut bukan? Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mulai mengubah kebiasaan merokok.

Setelah mengetahui bahwa sejumlah zat kimia pada rokok adalah kandungan yang bersifat merusak Anda perlu lebih berhati-hati. Hal ini dikarenakan diantara sejumlah kandungan berbahaya tersebut hanya dua zat saja yang dicantumkan pada kemasan rokok, yaitu Tar dan Nikotin saja.
http://www.rumahst.com/

Related Posts