Siapa yang tidak mengetahui apa itu nikotin rokok? Hampir dapat dipastikan semua orang, baik perokok maupun bukan mengetahui zat tersebut. Nikotin diketahui sebagai zat yang terkandung di dalam rokok dengan kadar yang paling banyak. Namun selain memegang peranan penting dalam komposisi sebuah rokok, zat nikotin juga mengandung sejumlah bahaya yang perlu Anda hindari. Bagi Anda yang belum mengetahui apa sajakah bahaya dari nikotin yang terdapat pada rokok, Anda perlu menyimak ulasan selengkapnya berikut ini.

Nikotin Rokok elektrik
Baca Juga : Rokok ST

Bahaya Yang Terkandung Dalam Nikotin Rokok

Bahaya nikotin yang pertama adalah menyebabkan kecanduan pada orang yang mengkonsumsi rokok. Seperti yang diketahui, nikotin mengandung zat adiktif yang menyebabkan kecanduan pada orang yang sudah pernah menggunakannya. Hal inilah yang membuat banyak perokok sulit untuk melepaskan kebiasaan buruknya, justru saat ini jumlah perokok aktif semakin bertambah. Nikotin rokok yang terhirup akan masuk ke dalam aliran darah sehingga membuat para perokok merasa senang saat menghisapnya dan sebaliknya akan merasa gelisah jika sekali saja tidak menghisap rokok.

Nikotin Rokok

Bahaya berikutnya yang disebabkan oleh adanya nikotin rokok adalah resiko terkena penyakit jantung yang cukup tinggi. Pada dasarnya, semua orang yang memiliki gaya hidup tidak sehat dapat terkena penyakit jantung. Namun khusus untuk perokok aktif, resiko terkena penyakit semacam ini menjadi lebih tinggi. Hal ini dikarenakan adanya kandungan nikotin yang terbawa dalam aliran darah akan menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Jika hal tersebut dibiarkan saja, maka kemungkinan yang akan terjadinya adalah gangguan pada jantung.

Bahaya yang cukup ditakuti adalah kanker paru-paru. Seperti yang diketahui, merokok adalah kegiatan yang berkaitan erat dengan saluran pernafasan. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika asap yang dihasilkan dari pembakaran rokok tersebut secara langsung aka terhirup dan menyebabkan gangguan pada paru-paru dalam jangka waktu panjang. Pada dasarnya, jenis kanker yang mengancam perokok aktif tidak hanya kanker paru-paru saja, melainkan juga kanker tenggorokan, kanker usus besar, bahkan kanker hati. Sungguh menyeramkan bukan?

Seperti yang diketahui, tidak hanya laki-laki saja yang menjadi perokok aktif, bahkan saat ini banyak ditemukan wanita yang juga merokok. Perlu Anda ketahui bahwa hal tersebut tidak hanya akan membahayakan diri sendiri, tetapi juga bayi apabila wanita tersebut sedang mengandung. Kandungan nikotin rokok yang terbawa oleh aliran darah akan menghambat aliran darah menuju plasenta sehingga perkembangan janin menjadi tidak maksimal. Terdapat dua kemungkinan yang akan terjadi pada bayi yang dikandung oleh wanita perokok.

Kemungkinan pertama, bayi akan selamat dan berhasil dilahirkan namun memiliki kecacatan bawaan, seperti bibir sumbing dan dinding langit-langit yang tidak sempurna. Sedangkan kemungkinan terburuk adalah janin akan meninggal saat masih di dalam kandungan sehingga ibu akan mengalami keguguran. Sungguh mengerikan bukan bahaya dari nikotin rokok tersebut?

Related Posts