Masyarakat Indonesia mulai mengenal rokok sejak masa penjajahan. Setelah Belanda membangun perkebunan Tembakau di Indonesia, kebiasaan merokok semakin banyak dilakukan orang Indonesia. Berbagai rokok tradisional asli Indonesia pun bermunculan. Saat ini, Indonesia menjadi salah satu negara penghasil tembakau terbesar di dunia. Sedangkan dari segi konsumsi, jumlah perokok di Indonesia merupakan yang terbesar di dunia. Menikmati rokok dan Ngopi sepertinya telah menjadi kebiasaan banyak orang di Indonesia. 

rokok dan kopi
Baca Juga : Rokok ST

Jenis-jenis Rokok dan Kopi Asli Indonesia

Rokok dan kopi tidak akan pernah lepas dari keseharian masyarakat Indonesia. Dari Sabang hingga Merauke begitu mudah kita menemukan orang-orang yang merokok sambil menikmati secangkir kopi. Rokok dan kopi hitam memang merupakan perpaduan yang sangat pas. Kopi asli Indonesia telah terkenal hingga ke manca negara. Ada kopi Lampung, Bali, Aceh, Flores hingga kopi Luwak. Untuk Rokok, Indonesia memiliki beberapa jenis rokok tradisional yang juga terkenal di dunia. Rokok-rokok asli Indonesia tersebut adalah:
  • Rokok kretek

Rokok kretek adalah rokok asli buatan Indonesia. Rokok ini terbuat dari daun tembakau asli, cengkeh dan saus. Rasa dan aroma rokok sangat khas dan tidak ditemui pada jenis rokok lainnya. Karena itulah rokok kretek terkenal hingga ke manca Negara. Rokok ini ada dua macam, yaitu dengan filter dan tanpa filter. Menghisap rokok dan kopi akan tetap terasa nikmat walaupun kedua jenis rokok kretek ini memiliki perbedaan.
  • Rokok tingwe

Di daerah Jawa terdapat rokok tradisional yang sangat populer. Rokok tingwe namanya. Tingwe memiliki kepanjangan linting dewe yang berarti melinting sendiri. Bahan-bahan untuk melinting rokok dapat dengan mudah dibeli, karena ada produsen yang menjual bagian-bagian rokok secara terpisah. Tembakau, cengkeh, klembak dan kertas pembungkus merupakan bagian-bagian tersebut. Menikmati rokok dan kopi sambil melinting dewe juga dijadikan sarana bersosialisasi masyarakat Jawa.
Rokok klobot mungkin sudah jarang ditemui pada saat ini. Rokok ini disebut rokok klobot disebabkan pembungkusnya terbuat dari daun jagung atau klobot. Daun dari buah jagung tersebut tidak gampang sobek sehingga sangat sesuai untuk membungkus rokok. Permintaan rokok klobot pernah menanjak, sehingga produsen pun mulai memasarkannya secara masal. Harga yang murah menjadi kelebihan rokok asli Indonesia ini. Perpaduan rokok dan kopi hitam kental akan memberikan sensai rasa merokok yang wah... mewah, siiip!.
Walau rokok dan kopi sangatlah nikmat, tetapi bahaya kesehatan yang dapat ditimbulkannya pun tidak main-main. Sebuah studi yang dilakukan oleh Athens Medical School membuktikan bahwa bahaya rokok dan kopi yang dikonsumsi secara bersamaan akan sangat buruk bagi jantung manusia. Kombinasi dari rokok dan kafein kopi akan membuat pembuluh arteri tidak lagi elastis sehingga mudah terkena serangan jantung. Perokok tentu dapat menentukan sendiri mana yang lebih diutamakan, kenikmatan atau kesehatan.
http://www.rumahst.com/

Related Posts