Efek dari Rokok Elektrik dan Rokok Filter bagi kesehatan sudah sering disampaikan, terutama di sekolah atau pusat pendidikan. Jika Anda masih belum mengetahui apa saja bahaya merokok, silakan simak uraian berikut. Merokok adalah kebiasaan buruk bagi beberapa orang yang sangat sulit untuk ditinggalkan. Kebanyakan orang yang merokok menjadi ketagihan dan akhirnya menjadi perokok aktif. Rokok sendiri dijual dengan harga yang tidak murah, hal ini tentu sudah cukup merugikan secara finansial. Namun yang paling penting yaitu merokok dapat membahayakan kesehatan Anda. 

Bahaya Rokok Bagi Kesehatan
Baca Juga : Rokok ST

Dampak Negatif Merokok bagi Kesehatan

Langsung saja, berikut ini merupakan dampak negatif merokok yang penting untuk Anda ketahui. Di antaranya yaitu:
  • Meningkatkan risiko kanker

Merokok dapat meningkatkan risiko kanker darah, kanker perut juga kanker limfa. Dimana rokok mengandung 1,3 Butadine yang merupakan bahan kimia untuk memproduksi karet.
  • Menghambat perbaikan DNA
Bahaya rokok bagi kesehatan selanjutnya yaitu dapat menghambat perbaikan DNA. Merokok juga dapat merusak lapisan paru-paru karena kandungan Akrolein, Kromium VI dan Formaldehida. Bahan-bahan tersebut biasa digunakan untuk membuat cat, pewarna dan logam paduan.
  • Menyebabkan kanker
Merokok dapat menyebabkan berbagai jenis kanker karena kandungan Arsenik yang biasa digunakan dalam pengawetan kayu.
  • Menyebabkan leukemia
Penyakit leukemia juga dapat menjadi ancaman bagi perokok karena kandungan Benzene. Zat tersebut biasa digunakan untuk memproduksi bahan-bahan kimia yang lainnya.
  • Menyebabkan kerusakan ginjal
Bahaya rokok bagi kesehatan berikutnya yaitu dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Tidak hanya itu, merokok juga dapat menyebabkan kerusakan lapisan pembuluh darah arteri. Hal tersebut dipengaruhi oleh zat Kadmium yaitu logam yang biasa digunakan untuk pembuatan baterai.
  • Membuat gigi cokelat
Sudah menjadi rahasia umum bahwa perokok aktif memiliki gigi yang tampak kuning kecokelatan. Selain gigi, kuku juga akan memiliki warna yang sama berkat kandungan Tar yang ada pada rokok.
  • Menyebabkan penyakit jantung
Kandungan rokok memang sebagian besar adalah zat-zat yang berbahaya bagi kesehatan. Merokok diketahui dapat menyebabkan penyakit jantung dan juga serangan jantung. Karbon Monoksida yang ada pada asap rokok akan terhirup oleh hidung dan masuk ke dalam aliran darah. Karbon Monoksida tersebut menyebabkan jumlah oksigen di dalam sel darah merah menurun. Kemudian jumlah kolesterol yang diserap ke dalam lapisan arteri akan semakin meningkat. Hal tersebutlah yang menjadi bahaya rokok bagi kesehatan yaitu dapat menyebabkan pengerasan arteri.
  • Meningkatkan tekanan darah
Merokok juga dapat meningkatkan tekanan darah berkat kandungan Nikotin di dalam rokok.
  • Meningkatkan risiko kelahiran prematur
Baik bagi perokok aktif maupun pasif, rokok memang memberikan dampak buruk yang sangat serius. Bagi wanita yang merokok atau hanya sekedar terpapar asap rokok, hal tersebut dapat meningkatkan risiko melahirkan secara prematur.
  • Menyebabkan penyakit stroke
Bahaya merokok yang penting untuk Anda ketahui yaitu dapat menyebabkan penyakit stroke, sangat berbahaya dan mematikan.
  • Menyebabkan diabetes
Merokok dapat menyebabkan diabetes mellitus tipe 2 yang sangat sulit untuk mengontrol kadar gula dalam darah.
  • Meningkatkan risiko katarak
Bahaya lain merokok yaitu dapat meningkatkan risiko katarak atau kerusakan retina mata.
Itulah bahaya-bahaya yang disebabkan karena rokok untuk kesehatan Anda. Baik bagi perokok aktif atau pasif, keduanya memiliki risiko yang cukup tinggi karena kandungan rokok yang berbahaya. Setelah membaca uraian mengenai bahaya rokok bagi kesehatan ini, semoga Anda tidak merokok lagi. (dari Ahli Kesehatan)
http://www.rumahst.com/

Related Posts